WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 17 Juli 2011

Genre Musik

Musik dapat dipilah menjadi beberapa jenis atau genre berikut ini. Tentunya pembagian genre musik ini tidaklah mutlak, mengingat semakin berkembang peradaban manusia, semakin tipis perbedaan tiap genre tersebut. Kita telah cerdas membaurkan berbagai genre musik tersebut, mungkin tanpa disadari. Pada akhirnya, musik adalah urusan rasa sehingga karya yang dihasilkan bergantung pada rasa dari manusia yang membudidayakannya.

o Jazz
Jazz merupakan jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa,terutama musik band. Jenis musik ini terkenal pada abad 20 di komunitas Afrika Amerika di Amerika Selatan. Dalam perkembangannya, jazz telah diakui dari abad ke-19. Kata jazz digunakan untuk mengacu kepada musik di Chicago pada sekitar 1915. Dalam account awal, jazz kadang-kadang dieja jass dan dikatakan sebagai variasi dari kata jism. Karena pada awalnya dilakukan oleh pemain terompet untuk menghibur dalam tempat pelacuran dari Storyville.
o Pop
Musik populer atau yang sekarang lebih dikenal dengan musik pop biasanya terdiri atas lagu cinta yang relatif pendek dan sederhana. Menggunakan pembaharuan teknologi untuk menghasilkan variasi baru pada tema. Musik pop saat ini sudah mulai mendapat pengaruh dari kebanyakan bentuk musik lain, seperti rock maupun dangdut.
o Hip Hop / Rap
Genre musik ini dikembangkan sebagai bagian dari budaya hip hop, dan didefinisikan oleh elemen-elemen kunci. Hip hop mulai di South Bronx New York City di tahun 1970-an. Hip hop sering digunakan secara sinonim dengan rap. Pada sekitar tahun 1992, musik hip hop dari pantai barat juga mulai terkenal dengan nama West Coast hip hop. Jenis musik ini juga dicampur dengan heavy metal menghasilkan rapcore.
o Rock
Rock, dalam pengertian yang paling luas, meliputi hampir semua musik pop sejak awal 1950-an. Bentuk yang paling awal, rock and roll, adalah perpaduan dari berbagai genre di akhir 1940-an, dengan musisi-musisi seperti Chuck Berry, Bill Haley, Buddy Holly, dan Elvis Presley. Hal ini kemudian didengar oleh orang di seluruh dunia, dan pada pertengahan 1960-an beberapa grup musik Inggris, misalnya The Beatles, mulai meniru dan menjadi populer.
Musik rock kemudian berkembang menjadi psychedelic rock, kemudian menjadi progressive rock. Beberapa band Inggris seperti The Yardbirds dan The Who kemudian berkembang menjadi hard rock, dan kemudian menjadi heavy metal. Akhir 1970-an musik punk rock mulai berkembang, dengan kelompok-kelompok seperti The Clash, The Ramones, dan Sex Pistols. Di tahun 1980-an, rock berkembang terus, terutama metal berkembang menjadi hardcore, thrash metal, glam metal, death metal, black metal dan grindcore. Ada pula british rock serta underground.
o Blues
Blues berasal dari masyarakat Afro-Amerika yang berkembang dari musik Afrika barat. Genre blues didasarkan pada formulir blues, tetapi memiliki karakteristik lain seperti lirik tertentu, garis bass dan instrumen. Pada perang dunia II terjadi transisi dari akustik untuk blues listrik dan membuka progresif dari blues ke khalayak yang lebih luas. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, suatu bentuk hibrida yang disebut blues rock berevolusi. Jenis ini kemudian mempengaruhi banyak genre musik pop saat ini, termasuk ragtime, jazz, big band, rhythm and blues, rock and roll, country, dan musik pop.
o Electronic
Electronic dimulai lama sebelum ditemukannya synthesizer, dengan tape loops dan alat musik elektronik analog di tahun 1950-an dan 1960-an. Para pelopornya adalah John Cage,Pierre Schaeffer,dan Karlheinz Stockhausen.
o Ska, Reggae, Dub
Dari perpaduan musik R&B dan musik tradisional mento dari Jamaika muncul ska, dan kemudian berkembang menjadi reggae dan dub. Genre musik ini pertama kali dikembangkan di Jamaika pada akhir tahun 1960. Meskipun kadang-kadang digunakan dalam arti yang lebih luas untuk merujuk pada sebagian besar jenis musik Jamaika, reggae istilah yang lebih tepat yang menunjukkan gaya musik tertentu yang berasal berikut pada pengembangan ska dan rocksteady.
o Funk
Funk juga dipelopori oleh musisi-musisi Afro-Amerika. Musik jenis Funk ini biasanya memiliki nada beat groovy, suatu rhythm yang membuat pendengarnya berdecak mengikuti irama. Oleh karena itu, dalam banyak hal, funk sering disamakan dengan groovy.
o Alternative
Alternatif rock (disebut juga musik alternatif, alt-rock atau hanya alternatif) adalah genre musik rock yang muncul pada tahun 1980 dan menjadi populer pada 1990-an. Alternatif terdiri dari berbagai subgenre yang muncul dari scene musik independen sejak tahun 1980-an. Seperti grunge, britpop, gothic rock dan pop indie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar